Desember 28, 2010

pengiriman data lewat laser

Teknologi mini laser akan segera hadir pada motherboard baru. Dengan light peak, sebuah interface baru dari intel, komunikasi data bisa mencapai kecepatan 1000 gigabit/s
gangguan elektromagnetic merupakan titik lemah usb,HDMI,atau Ethernet. Ahirnya intel melakukan terobosan. Perusahaan tersebut segera mengahiri koneksi kabel berbasis tembaga ataupun logam sejenis karena dinilai sangat lambat, serta tidak dapat ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi data, intel mengaplikasikan light peak sebuah standar komunikasi menggunakan sinar optic untuk semua jenis koneksi komputer.
Light peak bekerja dengan serat optic dan data dipancarkan melalui sinar laser, pada teknologi ini sinyal elektromagnetic pada sisi pc dirubah jadi sinyal cahaya melalui chip controller dan dapancarkan lewat modul optic,modul optic ini berukuran 12X12mm dan menyediakan dua port light peak dengan masing-masing dua serat,tiap berdiameter 125 micrometer. Jadi,kira-kira seukuran rambut manusia.
Pada bagian receiver, sinyal cahaya diubah lewat photodetector kembali ke sinyal listrik yang terbaca oleh mesin.
teknologi ini menawarkan berbagai keuntungan, kecepatan 10 gigabit/s (1,25 gigabyte/s) dalam tahap ini saja sudah dua kali lebih cepat daripada usb 3.0, so sebuah Blu-ray penuh dapat di transfer dalam 30 detik. Di masa yang akan datang, intel berencana untuk meningkatkanya jadi 100 gigabit/s . light peak diaplikasikan untuk seluruh pada pc termasuk koneksi display port , HDMI, dan Ethernet, bahkan panjangnya di optimalkan, light peak dapat mengirim data sampai 100 meter tanpa kendala. Dua puluh kali jika dibandingkan dengan usb.
Hanya saja , masalah suplay listrik belum dapat diatasi dengan serat optic , inilah yang menjadi alasan intel untuk masih menggunakan kabel tembaga pada light peak . Kabel ini berfungsi untuk menyuplai listrik pada perangkat pengguna , light peak juga menawarkan feature seperti usb,yaitu pertukaran data secara bidirectional, data dikirim dan di terima dalam dua arah secara bersamaan , bahkan hot pluging ability, dan intel menjanjikan perangkat light peak dapat dipasang dan dilepas dalam kondisi pc aktif modul light peak tersedia ahir 2010, kabarnya apple menjadi produsen pertama yang mengaplikasikannya, ini bukan yang pertama kali bagi apple , sebelumnya aple pertama kali menerapkan usb.

Tidak ada komentar:

mencoba menggunakan zram di raspberry pi

saya beberapa hari yang lalu mencoba mengaktifkan zram untuk membuat cadangan jika ram udah hampir penuh untuk dipindah ke zram, sejauh ini...