Maret 27, 2014

berbagi cerita tentang bermain simh(simulator pdp11)

Hai ketemu lagi dengan sang penulis yang bebas berkreasi oh ya ada yang tahu tentang pdp-11?
Kali ini saya akan membagikan cara saya bereksperimen dengan simh(simulator atau emulator pdp-11)
pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat direktory simh karena saya pengguna archlinux atau pun linux jadi yang akan saya bagikan ya di system operasi linux
$mkdir simh
$cd simh
$wget http://simh.trailing-edge.com/sources/simhv39-0.zip
$tar -xvf simhv39-0.zip atau $unzip simhv39-0.zip sebelumnya download dulu unzip app
kalo di archlinux $sudo pacman -S unzip
$mkdir BIN
$make
$mkdir uv6swre
$cd uv6swre
$wget http://simh.trailing-edge.com/kits/uv6swre.zip
$tar -xvf uv6swre.zip atau unzip uv6swre.zip
kemudian ketikan cd ~
$vim simhsel atau bisa juga gedit atau apapun teks editornya
ketikan
#!/bin/bash
cd simh/BIN
sleep 3
./pdp11
simpan
kemudian akan muncul seperti ini
sim> set cpu u18
sim> att rk0 /home/namausr/simh/uv6swre/unix0_v6_rk.dsk
sim>boot rk0
@unix
login : root
#chdir usr
#
udah di direktory usr disystem unix rasakan unix di linux gan
untuk keluar dari root unix tekan ctrl+e
sim>q
goodbye
$
hehehe begitulah hasil ane research di archlinux

Tidak ada komentar:

mencoba menggunakan zram di raspberry pi

saya beberapa hari yang lalu mencoba mengaktifkan zram untuk membuat cadangan jika ram udah hampir penuh untuk dipindah ke zram, sejauh ini...