Maret 06, 2011

merubah plymouth

Mulanya emang berniat untuk mengoprek secara keseluruhan tampilan Ubuntuku – Ubuntu 10.10, eh setelah browsing dan mencari-cari ilmu baru tentang perubahan tampilan-tampilan di Ubuntu, saya langsung tertarik untuk mengubah tampilan yang paling awal sedah tampilan grub – tampilan itu adalah tampilan Splash Screennya atau di Ubuntu 10.10 sudah menggunakan teknologi plymouth. Plymouth adalah bootloader berbasis animasi dan gambar.
Berawal dari pake’ terminal dan akhirnya nemuin aplikasi instan mengubah langsung tampilan bootloader ubuntu 10.10. Aplikasinya sebenarnya bermacam-macam seperti Plymouth Manager, Splash Screen Manager dll. Perbedaan antara 2 aplikasi memanipulasi Plymouth ini adalah bila Plymouth Manager itu Kamu harus online ketika menjalankan aplikasi ini, maksutnya ketika anda memilih Plymouth yang disediakan oleh Plymouth Manager itu. Kira-kira ada 10 Plymouth yang disediakan olehnya. Berbeda dengan Splash Screen Manager yang tidak mengharuskan Anda untuk online, dengan syarat Anda harus sudah mendownload Plymouth.
Berikut cara mendownload plymouth, mendownload Splash Screen Manager dan Konfigurasinya:
  1. Download Plymouth bisa di web ini: http://gnome-look.org/index.php?xcontentmode=160
  2. Download Splash Screen bisa di web ini: http://gnome-look.org/content/show.php/Splash+Screen+Manager?content=134231
  3. Setelah semua terdownload dan Splash Screen terinstall, cara menginstall .deb = $ dpkg -i [namaPaketDebian].deb
    misal: $dpkg -i splashmanager.deb
  4. Buka aplikasi Splash Screen Manager di Menu > System > Adminstration > Splash Screen Manager
    Maka akan tampil seperti ini:
    Splash Screen Manager
  5. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah tinggal kita klik Button ‘Change Default Theme’ dan kita langsung akan dibawa aplikasi ini ke: /lib/plymouth/themes/
  6. Berarti bisa ditebak bahwa file plymouth yang berjenis compress dan .deb akan dibawa ke sini
  7. Pilih file yang berekstensi .plymouth
  8. Klik OK
  9. Aplikasi akan langsung proses, biasanya lamayan berat dan bisa-bisa not-responding, tapi jangan khawatir karena ini hanya butuh waktu sekitar 1 menit kurang
  10. Restart komputer Anda
  11. Maka Plymouth sudah berubah
  12. Bila Anda ingin mengembalikan tampilan default maka ketika Anda mengeload Plymouth, pilih folder ubuntu-logo > ubuntu-logo.plymouth
  13. Ok
  14. Restart, maka akan kembali seperti Plymouth semula
Perlu diketahui bahwa bila Anda sudah yakin ingin merubah plymouth, maka kemungkinan bila plymouth yang Anda load rusak maka System Anda tidak akan bisa masuk, artinya Anda tidak bisa masuk ke Ubuntu Anda. Maka saya sarankan untuk melihat-lihat lagi Plymouth yang Anda gunakan, lihat apakah plymouth Anda sudah berisi gambar, icon dan animasi serta script.
Karna sebelum ini saya telah mengalami hal yang saya ungkapkan diatas, sistem ubuntu saya tidak bisa masuk alias error. Mulai dari Plymouth mau jalan tapi setelah Plymouth selesai Ubuntu saya menjadi Ubuntu tidak berbasis GUI namun berbasis Command, kayak Ubuntu Server, terus saya juga pernah mengeload Plymouth, akhirnya setelah Plymouth selesai proses dia tetap saja diam dan tidak ada proses, tanpa berpikir panjang langsung saya terapkan:
  1. Jalankan mode Virtual Command Line, Tekan Ctrl+Alt+F1
  2. Terus berusahalah untuk masuk ke /lib/plymouth/themes/namaThemesYangAndaGunakan/
  3. Del .plymouth -nya
  4. Hmmm… Cara ngawur nih
  5. Alhasil setelah saya ketikkan: $sudo reboot
  6. Plymouth tetap bisa berjalan
  7. Saya restart kembali
  8. Plymouth masih bisa berjalan, namun tiba-tiba tangan saya ingin memencet Esc
  9. Akhirnya dengan memenceet Esc berkali-kali, ubuntu saya mau masuk ke form LogOn
  10. Alhamdulillah…
  11. Tanpa pikir panjang lansung saya buka Aplikasi Splash Screen Manager dan saya ganti dengan Plymouth Defaultnya

Tidak ada komentar:

mencoba menggunakan zram di raspberry pi

saya beberapa hari yang lalu mencoba mengaktifkan zram untuk membuat cadangan jika ram udah hampir penuh untuk dipindah ke zram, sejauh ini...