Juli 22, 2017

Bermain dan Belajar dengan Arduino Uno R3

Setelah beberapa bulan menabung ahirnya terbeli juga Arduino Uno R3, setelah sampai langsung saya coba untuk membuat blink( kedip-kedip) led yang terdapat pada board arduino uno r3. hubungkan kabel usb arduino ke komputer dan board arduino(yang portnya kotak logam) kemudian buka arduino ide klik tools kemudian klik port kemudian pilih /dev/ttyACM0 arduino/genuino uno di distro ubuntu 16.04 saya kalo di windows biasanya com. pilih berkas kemudian pilih example kemudian pilih basics kemudian pilih blink. setelah muncul sketch program blink compile dengan pilih sketch kemudian pilih verify/ compile dan untuk upload (memasukkan program) ke arduino dengan memilih sketch terus pilih upload kalo builtin lednya berkedip-kedip seperti di sketch artinya upload berhasil dan arduino uno anda baik-baik saja.

Setelah kita mencoba contohnya dan berhasil maka saatnya kita membuat led berkedip bergantian, yang kita perlukan adalah breadboard, led, resistor 220 ohm. Kenapa kita menggunakan breadboard dan bukan menggunakan pcb karena breadboard ngga perlu melakukan soldering jadi mudah untuk dilepas kalo nanti kita tidak memerlukannya lagi atau mau ganti prototyping yang lain lagi. Membaca breadboard adalah begini yang ada tanda - dan + itu konduktornya vertical dan tidak akan horizontal jadi tidak akan terhubung positif dan negatif, kemudian pada abcde konduktor terhubung horizontal sehingga 1a tidak akan terhubung dengan 2a bahkan 1a tidak terhubung dengan 1f karena udah beda tempat sehingga jika kita pasang kabel ke 1a maka akan terhubung dengan 1b, 1c, 1d dan 1e.

yang saya bengkokin adalah untuk  dihubungkan dengan resistor, masukkan bagian anoda (yang akan dihubungkan dengan resistor) ke lubang 1a kemudian katoda ke lubang 3a masukan resistor ke lubang 1e dan 4e, masukkan kabel jumper dari ground di arduino ke lubang negatif, masukkan kabel jumper lagi ke lubang kedua dari lubang yang ada tanda minus (-) dan masukan sisi lain kabel jumper tersebut ke lubang 3b yang sejalur dengan anoda. masukkan kabel jumper ke 4a yang sejalur dengan resistor, sisi yang lain kabel jumper yang tadi dimasukkan ke lubang 4a masukkan ke pin 4 pada arduino uno. lakukan hal ini sekali lagi (tentu saja dipin yang beda ya) kalo ingin menggunakan dua led, kemudian buatlah programnya pada sketch save, kompil, upload.

berikut ini hasilnya maafkan kalo gambarnya jelek maklum reso kamera rendah
  
inilah source code yang saya buat
sekian curhat saya mengenai arduino uno r3 semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

mencoba menggunakan zram di raspberry pi

saya beberapa hari yang lalu mencoba mengaktifkan zram untuk membuat cadangan jika ram udah hampir penuh untuk dipindah ke zram, sejauh ini...